China dan Singapore Borong Rumput Laut RI

Dinastipoker.com Agen Poker Online dan Agen Domino99 Online Poker Online Uang Asli Terpercaya Indonesia - Perusahaan dari China dan Singapura memborong hasil rumput laut Indonesia dengan total kontrak dagang sebesar US$ 58 juta atau senilai Rp 782,71 miliar.  Aksi borong tersebut menandakan bahwa produk dalam negeri sangat diminati di pasar internasional.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak menjelaskan, Kementerian Perdagangan menjalankan misi pembelian produk rumput laut Indonesia oleh China dan Singapura di Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, 2 Agustus 2015.

Dinastipoker.com Agen Poker Online dan Agen Domino99 Online Poker Online Uang Asli Terpercaya Indonesia
Dinastipoker.com Agen Poker Online dan Agen Domino99 Online Poker Online Uang Asli Terpercaya Indonesia
Dalam misi tersebut, 3 importir asal China yakni Green Fresh (Fujian) Foodstuff Co., Ltd., Xiamen DSC Import & Export Co., Ltd., dan Fujian Province LVQI Food Colloid Co., Ltd. membeli rumput laut hasil produksi dari PT Phoenix Jaya dengan total nilai kontrak US$ 24,6 juta.
Selain itu, perusahaan lain yaitu Shanghai Brilliant Gum Co., Ltd. juga membeli produk rumput laut yang dihasilkan oleh PT Rika Rayhan Mandiri dengan nilai kontrak US$ 24 juta.

Perusahaan lain yang juga tercatat melakukan penandatanganan adalah PT Sumber Makmur senilai US$ 5 juta, PT Agro Niaga senilai US$ 3,4 juta dan PT Simpul Distribusi senilai US$ 1 Juta.
Sementara perusahaan Singapura Gills & Fins Pte., Ltd. melakukan kontrak kerja sama produk rumput laut dengan PT Jaringan Sumber Daya dengan nilai kontrak US$ 500 ribu. Agen Poker Online

“Dunia mengakui kualitas rumput laut Indonesia.  Dari total ekspor rumput laut dunia, Indonesia mampu menjadi pemasok utama rumput laut dunia dengan pangsa sebesar 26,50 persen dari total US$ 1,09 miliar permintaan dunia," jelasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (2/8/2015). 
Permintaan dunia yang tinggi, terutama produk rumput laut kering, diolah menjadi bahan baku makanan olahan, makanan hewan peliharaan, hingga bahan makanan tambahan, pengendalian pencemaran dan bahan kecantikan.

Hal tersebut, menurut Nus, menjadi tantangan bagi pelaku usaha rumput laut untuk mempertahankan dan lebih meningkatkan kualitas budidaya rumput laut Indonesia. Pelaku usaha juga diminta  meningkatkan produksi produk rumput laut yang bernilai tambah.
Pemerintah terus mendukung pengembangan peta jalan (roadmap) pembangunan sektor rumput laut untuk menciptakan rantai nilai dari petani rumput laut hingga konsumen. Agen Capsa

Salah satunya melalui kolaborasi Indonesia dengan Filipina. Kerja sama ini akan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dan memaksimalkan pemenuhan pasar rumput laut dunia dalam kerja sama antara Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) dengan Seaweed Industry Association of the Phillipines  (SIAP).
Rumput laut tampaknya masih menjadi primadona di sektor perikanan budidaya di Indonesia. Hal dibuktikan dengan produksi rumput laut nasional mencapai 2,1 juta ton dengan nilai Rp 4,9 triliun sepanjang 2014.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto saat ini, rumput laut masih menjadi daftar pertama yang menjadi komoditas unggulan budidaya.
Ditargetkan pada 2015, produksinya mencapai 10,6 juta ton. Bahkan hingga 2019 diperkirakan rata-rata pertumbuhan produksi rumput laut mencapai 16,74 persen per tahun.

"Rumput laut masih menjadi komoditas unggulan perikanan  budidaya. Komoditas ini menyerap tenaga kerja, memiliki pasar yang  tidak terbatas dan produksinya sangat beragam. Negara-negara didunia tidak semua bisa menghasilkan rumput laut," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/7/2015).
Dia menjelaskan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat bahwa pada kuartal I 2015 yang lalu, perikanan budidaya memberi kontribusi terbesar pada peningkatan produksi sub sektor perikanan hingga 2,92 juta ton, dengan nilai Rp 21 triliun.

Peningkatan produksi ini mendorong peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) sub sektor perikanan pada periode yang sama yang mencapai 8,64 persen atau lebih besar dibanding dengan peningkatan PDB Nasional yang hanya 4,7 persen.
Selain dari rumput laut peningkatan produksi perikanan budidaya tersebut juga disumbang oleh produksi ikan nila yang mencapai 149 ribu ton dengan nilai produksi Rp 2,5 triliun, dan bandeng yang mencapai 137 ribu ton dengan nilai Rp 1,9 triliun.

"Kita optimis peningkatan produksi perikanan budidaya ini akan terus meningkat sepanjang tahun 2015 dan mencapai target yang telah ditetapkan sebesar 17,9 juta," lanjutnya.
Slamet mengungkapkan, beberapa strategi pun telah disiapkan KKP dan akan dilakukan untuk menggenjot produksi perikanan budidaya tersebut. Salah satunya, mulai tahun ini beberapa komoditas juga diperhitungkan dan menjadi andalan antara lain bawal bintang.

"Tahun ini target produksinya masih 1.900 ton. Namun, target pertumbuhannya adalah 31,5 persen per tahun hingga 2019," kata dia.
Menurutnya, bawal bintang merupakan primadona baru karena merupakan salah satu komoditas alternatif budidaya laut atau marikultur. Harga jual komoditas ini juga bersaing yaitu sekitar Rp 70 ribu per kilogram (kg). Agen Domino99
"Waktu budidaya lebih cepat dibanding kerapu, yaitu enam bulan dari ukuran benih tebar serta lebih mudah dalam pemeliharaannya," jelasnya.
Komoditas lain yang juga terus dikembangkan adalah kekerangan. Target produksi kekerangan pada 2015 adalah 233.700 ton dan ditargetkan tumbuh 32,60 persen per tahun hingga 2019.


www.dinastipoker.com
 "Kekerangan selama ini memang belum diperhitungkan dan pembinaannya masih kurang sedangkan kebutuhan di dalam negeri tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan selama ini justru diimpor dari Eropa karena belum diperhatikan secara serius," ungkapnya.
Potensi kekerangan di laut Indonesia pun dinilai sangat besar. Itu sebabnya sudah mulai dijalankan strategi pemberdayaan masyarakat seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB), Banten, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).(Dny/Nrm)
“Hal ini sekaligus memberikan arah pembangunan sektor hulu hingga hilir industri rumput laut Indonesia - Dinastipoker.com Agen Poker Online dan Agen Domino99 Online Poker Online Uang Asli Terpercaya Indonesia

0 Response to "China dan Singapore Borong Rumput Laut RI"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.